Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui Pelatihan Pembuatan Pupuk Bokashi untuk Petani Kakoa korban Konflik di Kabupaten Pidie

Empowerment of the Poor With Training Making Bokashi Fertilizer for the Farmers Cocoa Victims of Conflict in Pidie District

 Setia Budi 
 Dosen Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh

 Abstrak
 The limited ability of farmers to access inputs such as inorganic fertilizer because of the high prices needed for Cocoa cultivation, through training activities Bokashi fertilizer production is expected to answer one of these constraints for Cocoa farmers. Bokashi training activities for Cocoa farmers are expected to reduce production costs by utilizing the resources of Cocoa cultivation for organic fertilizer manufacturing environment. The purpose of the implementation of community service through training activities are the manufacture of fertilizer Bokashi (1),Cocoa Farmers as learners can understand the system of cultivation management Cocoa organically by taking advantage of existing resources for the environment as a means of increasing agricultural production, (2) Trainees can make fertilizer Bokashi and its use in cultivation of cocoa cultivated, (3) The trainees can pass on knowledge about Bokashi composting to other cocoa farmers in the area cultivated their own. The method of devotion which is done by giving bokashi composting materials and practice ways of making fertilizer bokashi by actively involving all participants. The result of the implementation of dedication through training has been going well according to schedule, materials and mechanisms that have been to all the participants to practice how to manufacture fertilizer Bokashi. The process  transfer of knowledge and skills are also running well in accordance with the results of evaluations carried out both at the beginning and the end of the activity.
Keywords: Empowerment, Training, Bokashi, Cocoa farmers.

 
Pendahuluan
Kabupaten Pidie mempunyai luas wilayah 4.160.550 Ha dengan jumlah penduduk 518.846 Jiwa (BPS, 2005) dan merupakan daerah kantong kemiskinan kedua terbesar  di Nanggroe Aceh Darussalam setelah Aceh Utara. Potensi wilayah yang dimiliki Kabupaten Pidie sebagian besar (66.77%) adalah wilayah berupa hutan dan baru sebagian kecil (15 %) yang dimanfaatkan untuk areal pertanian tanaman pangan dan perkebunan dan perikanan darat. Kabupaten Pidie sangat potensial untuk pengembangan usaha pertanian khususnya  perkebunan tanaman pangan dan perkebunan.
 Panca penandatangan MOU tanggal 15 Agustus 2005 dan Bencana gempa bumi dan gelombang Tsunami yang melanda Nanggroe Aceh Darussalam pada tanggal 26 Desember 2004 telah melahirkan semangat perdamaian untuk mengakhiri konflik yang sudah cukup lama mendera Penduduk Nanggroe Aceh Darussalam. Semangat perdamaian inilah akhirnya membangkitkan kembali gairah ekonomi  masyarakat pedalaman yang melakukan aktivitas pertanian perkebunan.
Komoditi pertanian perkebunan yang manyoritas di budidayakan oleh masyarakat pidie selama ini meliputi: kakao, kelapa, pinang dan kopi. Khusunya budidaya Kakao Kabupaten Pidie merupakan sentral pengembangan kakao di Penduduk Nanggroe Aceh Darussalam dengan luas Lahan produktif kakao sekarang 8.906 Ha dan potensi pengembangan budidaya Kakao seluas 35.435 Ha.
Kondisi petani kakao saat ini hanya 11% yang kategorikan sejahtera dan 29 % menengah serta lehih dari separuh (57%) Petani berada pada kategori miskin. Kondisi inilah akhirnya berpengaruh terhadap rendahnya produktivitas dan kemampuan petani kakao dalam budidaya kakao untuk meningkatkan kesejahteraanya.
Terbatasnya kemampuan petani untuk mengakses sarana produksi seperti pupuk anorganik karena tingginya harga yang dibutuhkan dalam budidaya tanaman kakao, melalui kegiatan pelatihan pembuatan pupuk Bokashi diharapkan bisa menjawab salah satu kendala petani kakao selama ini. Kegiatan  pelatihan Bokashi untuk petani kakao diharapkan dapat mengurangi biaya produksi budidaya usahatani kakao dengan  memanfaatkan sumberdaya bahan pupuk organik yang ada dilingkungannya.
Pelatihan pembuatan pupuk organik jenis bokashi mengunakan EM4 sebagai Katalisator. EM4 merupakan bahan yang mengandung beberapa mikroorganisme yang bermanfaat dalam proses pengomposan. Mikroorganisme yang terdapat dalam EM-4 terdiri dari Lubmbricus (bakteri asam laktat) serta sedikit bakteri fotosintetik, Actinomycetes, steptomycetes sp, dan ragi (Riyatmo. 1993). Pengunaan EM-4 dapat meningkatkan unsur hara bagi tanaman serta dapat menekan aktifitas serangan hama dan mikroorganisme patogen (Djuarnani, 2005).
Tujuan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan pelatihan pembuatan pupuk bokashi adalah (1), Petani Kakao sebagai peserta didik dapat memahami sistem pengelolaan budidaya kakoa secara organik dengan memanfaat sumberdaya yang ada dilingkungan untuk sebagai sarana produksi dalam meningkatkan hasil pertanian, (2) Peserta pelatihan dapat membuat pupuk bokashi dan pengunaannya pada  budidaya kakao yang diusahakan, (3) Peserta pelatihan dapat menularkan ilmu tentang pembuatan pupuk Bokashi kepada petani kakao lain didaerah budidaya mereka masing-masing.

MATERI DAN METODE PELAKSANAAN

Kerangka Pemecahan Masalah
 Berpijak pada perumusan masalah yang telah dipaparkan, maka pemecahan masalah diformulasikan secara tepat adalah pelatihan tentang pembuatan pupuk bokashi untuk petani Kakao korban konflik di Kabupaten Pidie.
Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam menjawab persoalan ketergantungan petani Kakao selama ini terhadap pupuk anorganik yang relatif lebih mahal dan tidak terjangkau oleh petani kakao korban konflik di Kabupaten Pidie. Pelatihan  pembuatan pupuk bokashi juga diarahkan pemamfaatan sumberdaya yang ada dilingkungan petani yang selama ini tidak terpakai untuk menjadi bahan baku pupuk organik dengan memberikan berbagai kombinasi bahan baku yang tersedia dan mudah didapkan petani untuk menghasilkan pupuk organik yang ramah lingkungan.

Realisasi Pemecahan Masalah 
Kegiatan pengabdian ini diawali dengan identifikasi masalah dan pre-test untuk mengetahuai kemampuan dari peserta tentang pupuk bokashi. Selanjutnya materi disusun sesuai dengan kebutuhan dan analisis permasalahan. Pelaksanaan pelatihan dilakukan dengan pemaparan  dan penjelasan dalam bentuk print out dari materi yang disajikan kemudian diberikan kesempatan tanya jawab dan diskusi yang semuanya dilakukan dalam ruangan. Selanjutnya dilakukan praktek langsung cara pembuatan pupuk bokashi dengan melibatkan peserta secara aktif dalam proses pembuatan pupuk bokashi dari penyiapan bahan yang digunakan sampai pada penilaian terhadap hasil yang dilakukan dalam kegiatan tersebut.
Permasalahan mendasar bagi peserta pelatihan umumnya adalah rendahnya pendidikan dan rendahnya pemahaman dasar terhadap pupuk organik. Oleh Sebab itu, pelatihan ini akan dilakukan dengan penguatan teori dasar dari peran pupuk organik dengan mengunakan bahasa  yang sederhana mungkin, agar mudah dimengerti dan dipahami. Pelaksanaan pelatihan juga dilakukan dengan cara melibatkan lansung peserta aktif dalam kegiatan praktek pembuatan pupuk bokashi. Hal ini diharapkan akan mudah peserta mengingat tahapan pelaksanaan pembuatan pupuk bokashi secara baik dan benar

Khalayak Sasaran
Kegiataan Pemberdayaan Masyarakat Miskin melalui Pelatihan pembuatan pupuk Bokashi bagi  petani Kakoa korban Konflik di Kabupaten Pidie  Nanggroe Aceh Darussalam. Sasaran kegiatan pelatihan pembuatan pupuk Bokashi meliputi 28 orang petani Kakao di Kecamatan Bandar Baru  berasal dari 4 (empat) kelompok meliputi: kelompok Mita Reuseki, Mita Keuna, Mita Breuh Bu dan Mita Seujahtera yang diambil secara proposional.

Metode Penerapan IPTEK 
Pelatihan ini dilakukan dengan memadukan antara teori dan praktek yang dipusatkan di pusat pelatihan petani yayasan Tunas Bangsa  di Kecamatan Bandar Baru Paru  Kabupaten Pidie. Para  peserta akan dibekali dengan pengetahuan umum berupa teori tentang pupuk bokashi dengan komposisi 30% dan dilanjutkan dengan praktikum pembuatan pupuk organik dengan komposisi 70%.
Materi kegiatan meliputi penjelasan umum berupa analisis masalah dan pemecahannya dalam bentuk teori-teori yang dikemas menjadi modul dan resume atau ringkasan dan disampaikan dengan system ceramah dengan menggunakan alat bantu berupa papan tulis,  Laptop dan LCD.
Materi praktikum dilakukan dengan cara praktek langsung yang dibekali dengan modul praktikum atau buku panduan. Kegiatan praktikum meliputi pengenalan jenis-jenis pupuk Bokashi, bahan-bahan dan alat yang digunakan dalam pembuatan pupuk Bokashi serta tahapan pembuatan pupuk Bokashi.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Pelaksanaan dan Penyelenggaraan Pelatihan
Pelatihan pembuatan Pupuk bokashi dilakukan memadukan antara teori dan praktek Pelatihan ini terdiri dari 4 (empat) tahapan, yaitu :
Tahap pertama, peserta diberikan ujian awal (Pre-test), peserta diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan seputar pengetahuan mareka tentang pupuk bokashi. Hal ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kemampuan dasar dari peserta pelatihan tentang konsep dan cara pembuatan pupuk bokashi.
Tahap kedua adalah  peserta disuguhkan materi tentang konsep dasar dan  teori tentang pupuk bokashi dengan mengunakan metode ceramah yang dibantu dengan LCD dan Papan Tulis.setelah dilakaukan persentasi peserta peatihan diberi kesempatan untuk berdiskusi berkaitan dengan materi yang sudah didapatkan.
Tahap ketiga, demonstrasi cara pembuatan pupuk bokhasi  dengan melibatkan peserta sebagai pelaku aktif mulai dari pengenalan bahan dan alat samapai pada perbandingan dan takaran masing-masing bahan yang digunakan dalam pembuatan pupuk bokashi. Tahapan  ini inti dari pelaksanaan pelatihan dimana aspek peningkatan  psikomotorik mendapatkan komposisi yang besar sehingga diharapkan dengan demontrasi lansung peserta pelatihan dapat membuat pupuk bokashi secara benar. Tahapan ini berakhir sampai bahan yang sudah dicampur siap untuk ditutup menunggu proses fermentasi untuk menghasilkan pupuk bokashi yang siap pakai.
Tahap keempat, peserta diberikan ujian akhir (Post-Test) dengan soal yang sama dengan pada saat ujian awal (Pre-Test). Hal ini dilakukan bertujuan untuk melihat peningkatan pengetahuan, sikap dan Ketrampilan tentang konsep dan pembuatan pupuk bokashi dari peserta pelatihan dari sebelum mengikuti pelatihan dengan sesudah  pelaksanaan pelatihan ini.
Mayoritas Pelaksanaan pelatihan telah berjalan dengan baik sesuai dengan jadwal, materi dan mekanisme yang telah ditetapkan oleh pihak pelaksana. Hal ini tidak terlepas dari bantuan pihak Yayasan Tunas Bangsa  dan pihak pelaksana. Penyampaian materi disamping mengunakan bahasa Indonesia juga mengunakan bahasa Aceh ini bertujuan agar mudah dengan dan dapat dimengerti oleh peserta pelatihan.
Materi dan kurikulum pelatihan yang diberikan cukup baik, yang berorientasi kebutuhan real peserta pelatihan dan lebih ditujukan sebagai upaya menggali potensi peserta untuk terjadinya penginkatan pengetahuan, sikap dan Ketrampilan. Komposisi materi yang diberikan di anggap seimbang antara teori dan praktek pembuatan bokashi namum kerena keterbatasan waktu pelatihan peserta tidak bisa langsung melihat pupuk bokashi yang sudah jadi karena harus menunggu proses fermentasinya antara 4-5 hari kemudian.
Mengingat  terbatasnya waktu sehingga pemberian materi pelatihan dibatasi pada konsep dasar tentang pembuatan pupuk bokashi. Peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan pelatihan sejak dari pembukaan hingga penutupan pelatihan dan pihak pelaksana menganjurkan kepada semua peserta untuk mempraktekkan cara pembuatan pupuk bokashi di rumah mareka masing-masing mengingat pengetahuan dan ketrampilan sudah mareka dapatkan selama mengikuti pelatihan ini.

Evaluasi dan Hasil 
Evaluasi dilakukan pada saat sebelum kegiatan, pada saat kegiatan sedang berlangsung dan kegiatan sudah selesai dengan cara evaluasi langsung terhadap semua peserta. Indikator keberhasilan dapat dilihat berdasarkan pemahaman peserta terhadap pupuk organik dan kemampuan peserta untuk dapat melakukan pembuatan  pupuk bokashi. Peserta pelatihan diharapkan mampu mengidentifikasi bahan dan alat pembuatan pupuk bokashi, tahapan perlakuannya serta ketrampilan dalam membuat meramu bahan dan alat untuk menghasilkan pupuk bokashi.
Pelaksanaan pelatihan berlangsung dengan aman, tertib, serta antusias peserta untuk menyerap pendidikan ini terbukti dengan :
a.   Kesungguhan peserta dalam belajar dan menyerap ilmu yang diberikan dilakukan dengan tekun dan penuh tanggung jawab, walaupun dengan peralatan yang belum cukup namun kesungguhan peserta pelatihan tetap tinggi.
b.  Kehadiran peserta dalam melakukan proses belajar mengajar baik dan adanya absensi peserta. Kehadiran dan kedisplinan ditandai dengan kehadiran dan melakukan pekerjaannya sesuai dengan yang dianjurkan. Kedisplinan diterapkan dengan melakukan kegiatan praktek dan/pelatihan sesuai dengan waktu yang dibebankan.
c.  Pemberian materi dan demontarsi cara pembuatan pupuk bokasi yang sistematis dapat membantu penyerapan pengetahuan dan ketrampilan peserta pelatihan
d.   Tersedianya peralatan, bahan, dan materi yang diajarkan kepada peserta sehingga proses penyerapan materi dapat dengan mudah dimengerti.
e.   Pelaksanaan pelatihan juga didukung oleh tersedianya peralatan yang memadai.
f.  Pembagian kelompok kerja dapat memberi kemandirian (pelaksanaan tugas), diskusi, transfer ilmu antar peserta dan dengan pelaksana serta kerjasama berjalan dengan baik.

Secara garis besar, tujuan pelaksanan pelatihan berupa peningkatan pengetahuan sikap dan Ketrampilan cukup memadai dan telah memenuhi standar evaluasi membandingkan hasil pre-test dengan post-test

Faktor Pendukung
Mudah dan tersedianya bahan dan alat yang dibutukan untuk pelatihan pembuatan pupuk bokashi serta tempat pelatihan yang nyaman dan jauh dari kebisingan serta berada langsung ditengah-tengah kebun kakao (coklat) sehingga menghadirkan kesan pelatihan berlangsung dalam lingkungan keseharian mereka sebagai petani kakao. 
Peserta merpakan pilihan dari masing-masing kelompok yang menjadi utusan menurut hemat pelaksana peserta yang dikirim adalah mareka yang dianggap lebih cakap dari masing-masing kelompok yang ada.
Lokasi  pelatihan langsung berada ditengah-tengah kebun Kakao dan dengan fasilitas yang sangat reperentatif untuk kegiatan pelatihan ini. Sebagai informasi tambahan pusat pelatihan petani Kakao Yayasan Tunas Bangsa bangunannya baru  berusia 6 bulan yang dibangun oleh Embasy Of Japan (EOJ) dengan Ruang dan fasilitas pendukung yang sangat memadai.

Faktor penghambat
Pada Pelaksanaan pelatihan Pembuatan Pupuk bokashi ini tidak mengalami hambatan yang berarti, baik dari sisitehinis maupun non tehnis, namun demikian waktu pelatihan sangat singkat sehingga materi pelatihan yang diberikan hanya bersifat pengenalan konsep dan cara pembuatan bokashi, mengingat terbatasnya dana pelatihan dan waktu pelatihan yang sangat singkat menyebabkan peserta harus mempraktek ulang materi pelatihan di rumah masing-masing. Peserta dapat mempraktekkan secara langsung materi yang diajarkan saat pelatihan tanpa adanya control dari pelaksana.
Kurangnya kemampuan biaya untuk membeli bahan dan alat yang dibutuhkan untuk pembuatan pupuk bokashi. Misalnya pengakuan dari peserta untuk mendapatkan EM-4 mereka saat ini masih memberatkan dari segi keuangan peserta pelatihan.
Peserta masih meragukan tentang pasar potensial dari pupuk bokashi didaerah mereka mengingat kondisi pengunaan pupuk bokashi belum tersosialisasi dengan baik. Hal ini  berbeda dengan daerah perkotaan dimana pembuatan pupuk bokashi bisa menjadi peluang yang menjanjikan misalnya untuk pemenuhan kebutuhan pupuk pada tanaman hias keluarga, taman dan lain sebagainya.

KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
a)    Kegiatan pemberdayaan masyarakat miskin melalui pelatihan pembuatan pupuk Bokashi untuk petani Kakao Korban konflik di Kabupaten Pidie dapat menambahkan alternatif solusi  untuk pemupukan tanaman Kakao yang dibudidayakan disaat pupuk anorganik tidak diakses oleh petani karena keterbatasan modal yang dimiliki.
b)  Program pelatihan ini telah mendukung usaha peningkatan ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan sumberdaya lokal  yang ada dilingkungannya yang  selama ini  tidak termanfaatkan secara optimal misalnya keserdiaan jerami dan pupuk kandang untuk menjadi input produksi subtitusi terhadap pupuk anorganik yang harganya tidak terjangkau oleh petani.
c)    Melalui pelatihan pembuatan pupuk bokashi ini kembali memperkenalkan kepada masyarakat tani tentang konsep pertanian organik dan berkelanjutan sehingga  lewat pelatihan peningkatan pengetahuan, sikap, ketrampilan petani kakao dapat kembali melirik cara budidaya yang ramah lingkungan untuk keberlanjutan usahataninya.

Saran
a) Bagi peserta diharapkan dapat mengimplementasikan ilmunya yang didapatkan selama pelatihan untuk menghasilkan pupuk bokhasi dan mengunakan dalam usahatani budidaya kakao yang dikelolanya.
b) Anggota kelompok tani  yang telah mendapatkan pelatihan pembuatan pupuk bokashi diharapkan dapat meularkan ilmunya kepada anggota yang lain di lokasi usahatani budidaya Kakao masing-masing.
c) Kepada pihak  pemerintah, pengusaha dan lembaga pendonor dapat menggali potensi pembuatan pupuk bokashi sebagai peluang kerja dan mempunyai nilai  ekonomis untuk meningkatkan pendapatan  keluaraga tani melalui kegiatan pelatihan manajemen usaha dan menjembatani pasar dari produksi pupuk bokashi yang di produksi oleh petani dengan pihak pengguna dari produk bokashi.


Daftar Pustaka
[Biro Pusat Statistik] 2005, Kabupaten Pidie dalam angka, Sigli Nanggroe Aceh Darussalam
Djuarnani. 2005. Cara Cepat Membuat Kompos.  Agromedia Pustaka Jakarta.

Riyatmo. 1993. Tanya Jawab Effetive Mikroorganisme 4. (Em-4) Departemen Kehutanan. Jakarta.